Yamaha harus berani inovasi produk diluar jalur mainstream untuk merebut hati konsumen kembali

Pertama kita kasih Jempol dulu buat Yamaha yang udah berani menambahkan fitur Side Stand Switch dan juga Brake Lock system di calon motor barunya Yamaha Xeon FI, dan juga Yamaha Mio Jet FI nya. Bukan masalah takut dibilang jiplak pabrikan Honda, tetapi kedua fitur ini amat sangat penting Bro, palagi karakter bikers di Indonesia baru belajar naik motor udah langsung aja gass polll. Lagian kalo dibilang ngekor juga nggak kok Bro, sebelumnya Yamaha udah ngeluarin fitur ini di Yamaha Majesty 125 sebelum Honda ngeluarin di Matic nya kok :p

Image

Gambar diambil dari TMCBlog.com

Okehh langsung to the point ke pokok bahasan aja ni yakk… Amunisi buat fight sama Vario 125 bentar lagi launching, si Xeon 125 FI, pertempuran Beat Injection VS Mio J sedang berlangsung tapi kok feeling saya brand Honda terlalu perkasa ya buat dikalahin sama Mio J, apalagi test ride dari beberapa media bilang Beat FI lebih irit, & lebih responsif! Nahh loo,

Hmmm, kalau begini Yamaha harus siapkan Blue Ocean Strategy deh, daripada bertarung di segmen yang berdarah-darah ( Vario 125 vs Xeon 125 FI) & (Mio J vs Beat Injection). Wuahh gimana tuh caranya, simple aja hidupin lagi Nouvo series tetapi dilakukan upgrade yang sesuai dengan pasar Indonesia.

Image

Nouvo Series pertama kali masuk tahun 2002, dengan model seperti diatas, dan diakhiri dengan model Nouvo Z AIS di tahun 2006. Yamaha Nouvo menggunakan mesin yang bisa dibilang 85% hampir sama dengan Yamaha Mio Smile, jadi untuk perawatan mesin sangat mudah sekali. Nouvo Series sekarang telah mencapai Evolusi menjadi Nouvo SX 125! Yap mesin yang sama yang dipakai si Xeon 125 FI lagi

ImageImage

Ganteng kan motornya, Headlamp sudah Projector, Speedo Digital, Teknologi YMJET-FI, bagasi yang bisa muat helm full face! Namun saya rasa amunisi itu kurang kuat buat fight VS The Goliath Astra Honda Motor! Ni saya kasih bocoran amunisi lagi yah biar bisa fight dengan Honda:

1. Bore up mesin jadi 150cc, bisa menggunakan pistonnya Yamaha Vixion tuh, Cost production berkurang lagi kan :D

2. Cangkokin fitur Side Stand Switch, dan Parking Brake Lock System

3. Diameter Velg dibuat jadi 14 Inch, dengan lebar velg depan 1,60, belakang 1,85 Inch sehingga memakai ban depan 80/90-14 belakang 90/80-14 jadi aman untuk di jalan raya

4. Terakhir adalah faktor Price, jual dengan harga 20jt – 21jt!!

Nahhh karena motor ini masuk di kelas 150cc, maka akan fight dengan Honda PCX 150, Piaggio LX 150, dan Minerva Sachs GTR 180. Kalo dilihat dari segi price, tentu Yamaha memiliki keunggulan dibanding para kompetitor di kelas ini, lalu dilihat dari fitur, sudah bisa menyayingi motor-motor di segment ini. Dijamin deh siap-siap yang indent melebihi dari pabrikan sebelah, gak percaya, Monggo Yamaha dicoba yahh ;)

Ciao

#54

 

About these ads

One thought on “Yamaha harus berani inovasi produk diluar jalur mainstream untuk merebut hati konsumen kembali

  1. kalau yamaha mau ngalahkan honda harus berani berinovasi untuk matic pasarkan nouvo untuk saingii vartech 125 untuk trail pasarkan yamaha wr 150 dan 250cc untuk bersaing dg ninja…apalagi nanti jg bakal muncul ninja 250, 1 cylinder ambil mesin wr 250 pasang di motor sport kalu yamaha masih seperti sekarang ini bisa2 di salip kawasaki atau suzuki…..ayo yamaha bangkit jangan tidur terus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s