Gubernur Baru, Jakarta baru & Harapan baru (Bagian 1)

Besok tanggal 20 penduduk DKI Jakarta akan memilih siapa yang memimpin dan membangun ibukota ini untuk 5 tahun ke depan. Tersisa 2 calon kandidat Fauzi Bowo atau yang biasa disapa Foke dengan wakilnya Nachrowi atau yang biasa dipanggil Nara dan kandidat lainnya Joko Widodo dan juga Basuki yang biasa dipanggil Ahok.

Black campaign, saling tuntut di panwaslu dan juga saling serang di acara debat calon gubernur menjadi tontonan yang seru di televisi, ataupun di youtube bila kita melewatkan. Isu SARA pun kembali menjadi senjata untuk menjatuhkan lawan.

Image

Saya bukan pendukung kedua calon tersebut, tapi saya akan membahas dari sudut pandang marketing mengenai kedua calon tersebut. Kalau gitu yuk kita Mulai dari pasangan nomer 1, Foke – Nara

Dilihat dari Strong, Weak, Opprtunity & Thread nya Foke memiliki kekuatan bahwa dia sudah lama bekerja untuk Pemerintah DKI Jakarta, mulai dari Asisten Bapak Sutiyoso, hingga menjabat Gubernur selama 5 tahun kemarin. Mungkin dengan 5 tahun yang ada masyarakat Jakarta, atau masyarakat non Jakartayang biasa bekerja di ibukota sudah merasakan senang-susahnya seperti Macet, banjir, Jalanan rusak dll. Dalam janji kampanye Foke di tahun 1 nya adalah Jakarta bebas macet dan banjir, namun nyatanya semua itu hanya yahhh angan-angan belaka. Dan melihat angka kemacetan yang semakin luar biasa pun terjadi di ibukota, kalau dilihat dari data Foke tidak bisa antisipasi angka pertumbuhan kendaraan yang hampir 10% setahun dengan angka pertambahan ruas jalan yang  masih di bawah 1% selama setahun, gak heran toh Jakarta makin macet.

Image

Lalu kita lihat Opprtunity dan Ancaman yang datang dari luar. Foke berhasil membuat partai-partai besar untuk mendukung dirinya, NAMUN perlu di garis bawahi bahwa elit politik mungkin mendukung dirinya, TAPI belum tentu massa dari partai tersebut akan mendukung mereka. Ancaman pun datang dari kubu Jokowi & Widodo yang lebih terkenal dekat dengan “rakyat” sehingga kepopuleran dari  kubu tersebut mengancam pasangan Foke – Nara ini.

Untuk analisa Kubu Jokowi – Ahok akan saya bahas di artikel ke 2 ya Guys

Ciao

#54

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s