Riding di kala Hujan buat bikers

Morning Bro, sedikit mau berbagi tips ni riding di hujan mumpung lagi musim hujan sekarang

First of all yuk mari kita persiapkan dari Rider nya dulu ya

1. Jas Hujan itu perlengkapan wajib banget biar kita gak basah kuyup di perjalanan. Jas hujan yang kita pakai lebih baik model 2Pcs, jangan model Ponco karena gak safety! Pastikan juga jas hujan yang kita pakai tidak mengalami kebocoran, karena jas hujan yang dibuat bukan sistem Press, akan mengalami kebocoran di sambungannya terlebih di sekitar selangkangan!

2. Diusahakan Rain suit atau Jas Hujan memiliki warna yang terang! dengan warna yang terang visibility pengendara lain terhadap kita tentu akan terbantu, sehingga menghindarkan resiko kecelakaan

Image

Foto diambil dari TMCblog.com

 

3. Jangan pernah gunakan sendal Jepit!! Mungkin kalau mau sedikit ribet bisa memakai Boots yang water proof sehingga kaki tetap terlindungi. Atau bila tidak mau repot tapi tetap safety gunakan Cover Rain shoe

Image

Gambar diambil dari anekamotorshop.com

4. Buat yang terbiasa memakai sarung tangan, ada juga sarung tangan waterproof, ini berguna banget, tapi perlu feeling lebih karena biasanya bahan sarung tangan ini lebih tebal dari biasanya

Image

5. Untuk helm yang penting kaca helm bebas baret, karena kalau ada baret akan menganggu visibilitas melihat kita, terlebih bila ada cahaya lampu dari depan yang menyorot ke arah kita. Untuk pemakaian helm Full Face, perhatikan juga kalau lagi musim hujan akan cendrung berembun, jadi perhatikan ventilasi udara, atur nafas agar tidak menyebabkan kaca helm berembun.

Rider nya udah ok terlindungi ya dari kepala sampai kaki, sekarang buat motornya, Berkendara di hujan tentu memerlukan konsentrasi yang lebih tinggi dibanding berkendara pada kondisi biasa. Maka dari itu ada beberapa tips-tips yang bisa kita gunakan dalam berkendara di musim hujan

1. Cek tekanan angin ban! Tekanan angin ban normal biasanya 29-30 Psi atau ada juga yang 27-28 Psi. Disaat musim hujan lebih baik tekanan angin ban kita kurangin lagi, kalau saya pakai 24-25 Psi. Tentu ban akan menjadi sedikit lebih kempes, namun ini membantu menambah traksi ban pada aspal, karena permukaan yang menempel lebih banyak!

2. Waspada titik pengereman juga, disaat jalanan kering kita mungkin bisa mengerem beberapa meter sebelum lampu merah, namun disaat musim hujan titik rem harus dihitung ulang, karena bila kita mengerem terlalu dekat akan menyebabkan ban kehilangan traksi karena aspal basah, sehingga rawan jatuh dari motor.

3. Distribusi pengereman diubah, bila saat berkendara biasa, distribusi titik pengereman 60% di rem depan, dan 40% rem belakang, tetapi diubah menjadi 70% depan, 30% belakang. Hal ini dikarenakan kita lebih bisa mengontrol ban depan dibanding ban belakang bila terkunci karena pengereman

4. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik! Cek lampu depan dekat & jauh nya, Lampu belakang, lampu rem dan lampu sen nya. Semua fungsi lampu sangat vital

Nahh, Tips RIder nya udah, Tips  buat motor nya udah, ni tambahan tips dari saya berdasar pengalaman pribadi

1. Kenali medan yang akan kita tempuh, cari tahu dimana ada lobang, dimana lokasi rawan banjir, atau tergenang air!

2. Tau limit berkendara anda! Kalau kita merasa tidak mampu jangan dipaksa deh daripada membahayakan diri sendiri

3. Yang paling penting Always respect other and don’t be selfish! Alias hormatin pengendara lainnya dan jangan egois dalam berkendara..

 

Sekian aja ni Tips dari saya, semoga bisa membantu ya Guys

 

Ciao

#54CK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s