Fenomena: Saat Udara Dingin, kendaraan makin laju!

My Bro, Mbak Sis dan semuanya, pernah gak merasakan fenomena saat udara dingin (musim Hujan, atau riding di malam hari) kita ngerasa motor kok lari nya jadi enteng banget! Alias lari nya makin ngacir bro! Tapi sebaliknya, disaat udara panas atau lembab, motor rasanya lari nya kok beraaat banget, sebenernya itu kenapa si? Ni, saya bantu jelasin fenomena ini..

Image

 

Saat udara dingin, kandungan oksigen di udara jumlah nya makin banyak, nahh prinsip dasar pembakaran mesin adalah memasukan Udara (O2) dan bensin yang pas, untuk diledakan oleh busi di ruang pembakaran, maka terjadilah tenaga untuk menggerakan sepeda motor kita!

Image

Nahh udah jelas kan bagaimana prinsip pembakaran, terus gimana hubungannya sama udara dingin kendaraan makin laju? Nahhh jadi saat terjadi pembakaran, Oksigen (O2) sangat sensitif sekali terhadap api dan mudah  terbakar! Sehingga bila saat udara dingin, maka kandungan oksigen dalam udara pun makin banyak, dan yang dihisap dan dicampur sama bensin tentu lebih bayak kandungan oksigennya, sehingga ledakan dalam ruang pembakaran menjadi lebih besar, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar juga! Nahh jelaskan!!

Tapi perlu diingat ya, keadaan ideal campuran antara Udara dan bensin di ruang pembakaran itu harus seimbang, kalau udara terlalu sedikit menyebabkan mesin menjadi boros, tak bertenaga dan pembakaran menjadi kotor karena terlalu banyak bensin yang tak terurai, sebaliknya bila udara terlalu banyak menyebabkan mesin menjadi panas karena kekurangan bensin, mesin seperti mudah teriak dan rawan cepat jebol. Lebih komplit nya kalo mau belajar campuran bahan bakar dan udara bisa disini ni: AIR FUEL RATIO

Sudah jelas kan mengenai fenomena tersebut, semoga artikel ini bisa membantu deh

Ciao

#54 

 

2 thoughts on “Fenomena: Saat Udara Dingin, kendaraan makin laju!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s