Perawatan Motor Pasca banjir

Brader & sister, apa kabarnya Ni? Gimana kemaren terkena Banjir gak? Buat yang terkena musibah banjir di doakan agar cepat pulih semuanya ya. Mumpung abis banjir-banjiran, saya mau kasih tips & Trick apa aja yang harus dilakukan kalau motor abis diajak perang pasca banjir ni. Ni berikut tips-tips nya yaaaa😀

Image

1. Kalau habis melibas banjir, selalu cek kondisi oli mesin Bro!

Ada kala nya disaat melibas banjir ada air masuk ke dalam mesin dan bercampur dengan Oli. Biasanya indikasi nya oli akan bewarna seperti kopi susu (Awas jangan ketuker sama minuman kopi nya ya bro :p)

Image

perubahan warna tersebut diakibatkan karena oli bercampur dengan air dan ini harus segera diganti Bro!! Kalo gak ya siap-siap aja mesin rontok. Tambahan buat pemakai motor otomatis, jangan lupa cek Oli CVT nya yahh, itu rawan banget terendam juga soalnya.

2. Bersihkan Karbu & filter udara

Nahh ini cukup Vital juga ni, kadang lubang pembuangan bensin di karbu itu menghadap kebawah, dari sana sering terjadi proses vakum, sehingga ada kemungkinan menghisap air saat kita menerabas banjir. Lalu perhatikan juga Box filter udara, takutnya ada pasir-pasir yang menyumbat filter udara dan menyebabkan terganggunya proses pembakaran dalam mesin.

Image

Image

 

3. Bersihkan kaliper rem dan teromol belakang

Kadang sehabis banjir adakala nya kita ngerasa rem menjadi kurang pakem, itu mungkin bisa diakibatkan karena Kotornya kanvas rem sehingga kemampuan mengigit nya menjadi berkurang! Coba di buka kaliper rem depan bila menggunakan Rem Cakram, lalu dibersihkan, dan buat yang masih menggunakan rem model teromol yuk di bongkar ban nya dan sepatu rem nya dibersihkan sambil dihaluskan lagi biar makin Cietttt ngerem nya😀

Image

 

4. Cek Kondisi kelistrikan.

Ini Sebenernya cukup vital bro, abis banjir coba di cek deh kondisi aki dan kabel2 nya normal apa nggak, diliat juga apa tutup Cop busi dan kabel busi masih dalam kondisi bagus apa nggak? Kalo ud terkelupas sementara waktu di tutup pakai solasi hitam yang buat kabel saja biar aman, kalo udah gajian monggo di beli yang baru deh.

5. Cek Kondisi Bearing roda Ban

Saat melibas banjir, kadang ban motor kita terendam di genangan, nahh kalo ini bearing rawan kemasukan air dan akhir berkarat akhirnya motor kita jadi bergetar dan gak stabil deh, kalo ini udah bermasalah si harus beli bearing baru Bro! Kalo di tunda-tunda nyawa masalahnya itu :p Kalau masih bagus ya di kasih Grease (Gemuk) lagi aja biar makin aman 

Image

 

6. Cuci Steam Motor!

Nahh kalau semua udah selsai, langkah terakhir ya tinggal di cuci steam aja, biar kotoran-kotoran yang nempel langsung terangkat dan gak jadi karat deh.

Ya itu mungkin sedikit tips & Trick dari saya, semoga bisa membantu biar si motor bisa gelinding aman terus. 

Ciao

#54

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s