D Event Fun race 3 Februari 2013, si Chibbie Jatuh!

Jam 6.30 Pagi BBM sudah berbunyi dari Bro Fellix “Motor sudah siap jalan mas Cak! Jangan sampe motor nya sampai duluan ya!” Kayaknya si Fellix lagi on fire banget ni buat fun race kali ini. Karena janjian sama tim Mekanik, jadi ya nunggu mereka dateng dulu baru berangkat deh.

Tim Mekanik akhirnya dateng juga, ada Mate, Oon, (2 lagi temennya Oon namanya lupa) akhirnya berangkat lah kita ke sentul 7.45 AM, dan tiba disana 9.30 AM. Sesampainya disana langsung deh geret si koper yang isinya riding gear, sambil cari Bro Doedy buat confirm pendaftaran dengan nomer absen tentunya #54. Setelah daftar langsung ke paddock dimana kita biasa naro motor ketemu Bro fellix & Tim dengan tim mekanik di pimpin Bro Andrianus, langsung masuk ke ritual nempel nomer start di motor, pakai inner suit, racing suit, boots, glove dan helm special pemberian dari M.Fadly, dan siap langsung warming up buat test motor

Image

Mulai masuk ke sirkuit, sentul gokart, nikmatin dulu putaran demi putaran sebanyak 2 lap sambil nunggu si ban panas baru beraksi deh, Bro Fellix ud ngikutin di ngikutin di belakang, pdhal dia lebih sering latihan di sentul gokart..

Image

Saya cuma mencoba 6-7 Lap aja buat coba setelan baru motor udah pas atau belum ni setelan si motor. Yang saya rasa si secara power motor udah enak, cuma masih keberatan gear, padahal gir depan udah turun 1 mata.

Image

Ok Balik ke paddock laporan sama Bro Oon sama Om Mate dulu overall kondisi motor. Bro Mate emang jebolan mekanik Motoprix, dan anak didik dia di road race ud banyak banget, jadi mulai deh coaching clinic dari dia tentang posisi braking, line racing & riding position yang kita gunakan di sentul kecil biar timing makin tajam!

Setelah mendengar input dari Mate, saya masuk lagi ke dalam, dan kali ini timing lap saya diukur oleh Bro Oon biar ketawan deh catatan waktunya. Ritual seperti biasa, masuk kesana panasin ban dulu 1 lap baru langsung Gasss Polll mas broo, coba-coba kotak-katik titik braking sama line baru, emang kerasa juga si dengan line baru yg diajarin bisa buka gas lebih cepat, namun muncul problem baru, suspensi gak mumpuni buat ngelawan tenaga si Chibbie2. Alhasil setiap masuk tikungan suspensi depan terlalu soft sehingga grip depan agak terganggu, begitu keluar tikungan karena langsung galak buka gas nya seperti anjuran Mate motor pasti slide (dalam hati si bangga bisa kayak Stoner :p)

Image

Image

Setelah selsai 6 lap mencoba, red flag berkibar, tandanya Free practice udah selsai, kembali masuk ke paddock deh. Sudah menunggu Mate yang siap membagi ilmu lagi disana. Setelah di timing, best lap nya 1.11;475 walaupun ya ada peningkatan dari Fun race sebelumnya tapi memang sangat belum maksimal! D Event sebelum nya catatan waktu dengan kondisi motor hanya ganti knalpot & CDI saja hanya 1.16;789, walau peningkatan sudah lumayan tapi jujur saya masih belum puas, saya ngerasa masih sanggup push sampe dibawah 10 detik. Ok Coaching clinic dimulai lagi dengan Bro Mate & Bro Oon. Mate bilang pembalap didikannya dengan Honda Beat standar saja bisa 1 menit 5 detik!! wowww banget dahhh bikin makin penasaran aja..

Okeiii QTT time! 11.30AM dan matahari nyentrong banget di langit! Ya namanya masih amatir ya fisik juga belum ok (padahal skrg ud lari pagi & sepedaan abis subuh ternyata masih kurang ya) udara panas + racing suit itu bikin dehidrasi banget! Mengantri masuk QTT yang panjang terjemur dibawah matahari menguras tenaga banget, pdhal QTT aja belum mulai.

QTT Mulai masuk, saya masuk bareng Bro Fellix, dan beberapa pasukan Jupi MX. Masuk warming up dulu, dan langsung Gassss Polllll… Memang fisik sudah terkuras karena keringetan tadi, ditambah ban slide makin parah karena udara yang panas banget,, akhir QTT catatan waktu menurun jadi 1.13;678. Jujur hati kecewa banget karena ngerasa potensi motor sebenernya ada

Image

Di Paddock Mate cuma bilang “fisik harus di genjot lagi, sama badan di lemesin!” wokeiii, mendingan gw cari makan dulu dehh daripada lemes kayak gini, race juga start nya 15.30 kok.. Makan, refreshing & bobo biar badan segar lagi deh. Liat hasil QTT Alhamdulilah masih start nomer 6, berarti di grid ke 2, sedangkan Fellix di Grid ke 3 posisi 9.

Selama saya makan ternyata setelan motor diubah lagi, pilot jet  dinaikin, dan gir depan turun 1 mata lagi!! Kebayang deh makin liar aja ni motor.. Selsai makan dan istirahat, Bro Oon bilang test deh si motor. wokeii saya bawa ke area test, dan yakk bener motor emang jd liar, dan terasa lebih “basah” karena ngebrebet nya,, berarti gantung RPM nya musti lebih tinggi lagi niii… Pas di test ride memang ada gejala susah buat shifting, tapi saya pikir itu karena posisi sepatu saya sama tuas pemindah aja yang belum pas.

Sesudah itu ajak si Bro Fellix narsis dulu deh, foto2 biar F4ST makin eksis, kita foto deh di setting area sambil foto buat ucapin Happy wedding buat M.Fadly yang mengundang kita ke nikahannya malam itu di Ragunan.Image

Jam sudah 14.00 race satu persatu dimulai, Ada Matic Race, OMR Scorpio, OMR Jupi MX dan banyak deh. akhirnya jadwal lebih cepat 15.30 saatnya Sport 4 Tak untuk race.. Motor dinyalakan, dan masuk ke sirkuit buat warming up dulu. selama warming up beneran gak ada feeling apa2, motor fine-fine aja.

Masuk ke Grid, posisi menguntungkan banget ni kalo bisa start bagus, bisa langsung nusuk top 4 deh.. Bendera mulai siap di kibarkan & STart!! Yess, akhirnya masuk ke posisi 4 seperti feeling awal, bersiap masuk R1 belok kanan, tiba2 motor pindah ke netral sendiri!! Wuahh itu panik bener mas broo, akhirnya di colong di tikungan sama 1 motor dari dalam back to posisi 5

Image

Motor si mampu ngejar yang depan, power emang galak banget! Tapi problem miss shifting   terus berlanjut! Membuat makin kagok bawa motor! Alhamdulilah pace balap masih konstan, mulai ngejar yang depan sampe di lap 3 ud fight for top 4 lagi!, lawan di depan berupa Tiger 2000, dilihat dari bawanya saya yakin bisa colok dia dari dalam tikungan, tapi saya terlalu bernafsu buat ngejar dia, sampai akhirnya ban depan saya senggolan dengan ban belakang dia, menyebabkan saya turun gas dan motor brebet karena kebasahan!

404435_489936834397704_1106386431_n

Karena masih penasaran dan nafsu, saya down shifting buat ngejar dia lagi, masuk tikungan udah gantung gas, kira2 RPM 10000-11000 deh, ehh tiba2 gigi loncat ke gigi 1! Akhirnya buat saya kelempar dan jatuh di tikungan ke 5. Jatuh nya si gak terlalu sakit, cuma yang bikin panik di belakang ada KLX lagi kencang masuk tikungan, dan akhirnya dia melindas saya!! Wuahhhh sumpah mas brooo, sakit lohh rasanya, mana kaki kesangkut di motor bikin lemes banget, akhirnya saya terkapar dan di angkat sama Marshall ke pinggir Lap. Saya merem aja deh tuh, pusing dan lemas soalnya (sebenernya stress mikir body si Chibbie yang beset sii :p) Nahh saya tiduran aja, tiba-tiba terdengar suara yang familiar, Ali Adrian lagi samperin saya sambil kipas-kipasin saya, doi keliatan panik banget mas bro sambil ngomong ” Mas gak apa2 kan mas!! Badannya nyeri dimana mas?” Sehabis Ali dateng ya saya langsung bangun si, kasian bikin orang panik Teman-teman dan fellix pun menghampiri, menanyakan situasi, tapi saya bilang fine-fine aja kok.

Balik ke paddock dengan rasa super kecewa banget mas Bro, harus nya bisa podium itu! Tapi ya saya balikin deh, Alhamduilah saya gak ada cedera serius, hanya memar-memar saja terlebih saya dilindes lohh sama KLX!! Pelajaran yang saya ambil yahh “jangan napsu mas Bro, apalagi terlalu memaksakan! Kepala musti dingin deh

Sekian dulu deh curhat nya, kerjaan kantor ud numpuk ni.. Oh iya bocoran ni, kantor saya akan menjadi sponsor di Moto2 Gresini Racing, ya u know lah pembalap nya siapa lagi, Doni Tata!! Yesss, siap-siap makin banyak acara ni😀

Ciao

#54

One thought on “D Event Fun race 3 Februari 2013, si Chibbie Jatuh!

Leave a Reply

